Posting ini diambil dari salah satu jawaban saya di salahsatu postingan blog saya yaitu “PRAKTIKUM MENYAMBUNG KABEL FLEKSIBEL LCD LAPTOP

pertanyaan dari blog walker :

Plis help dong, gw baru beli headset yang ada micnya, eh iseng2 mau tau dalemannya gw buka, gara2 asal buka kabel mic sama kabel ke salah satu speaker headset putus, nyambunginnya gimana ya? kabelnya tipis juga, gw coba sambungin kayak kabel listrik biasa tetep gak bisa… Plis help doong…

jawaban dari saya :

uraian singkat :
yang gw tau sih, nyang namanya head set biasanya kabelnya kuecil2 buanget…
kabel ini biasanya terbungkus oleh lapisan luar nyang biasanya terbuat dari bahan campuran karet+plastik dgn karet lebih banyak dari plastiknya(sangat disukai tikus rumah, biasanya buat bersihin gigi). atau ada juga yang di lapisi Kain seperti kabel setrikaan, hal ini dimaksudkan agar kabel tidak cepat putus.

Sekedar pengalaman gw, gw pernah nyoba nyambung headset handphone yang kabelnya diisengin si tikus. waktu itu gw pke heatset nyang ada tombol pengatur volumenya yang nyatu sama mic. untuk lebih gampangnya, kabel headset gw bagi jadi 2bagian.
(1). bagian dari jack sampe pengatur volume
(2). bagian dari pengatur volume sampe speaker headset
untuk bagian (1) ada 3pasang kabel, untuk yang (2) ada masing-masing 1pasang kabel yang masing2 menuju speaker. untuk masalah yang bro Tiyo derita, kebetulan gw jg pernah menderitanya.
kabel yang bagian (2) ato kabel speaker ada yang putus. pertanyaanya : gimana nyambungnya…??????

jawab :
yang ke speaker, keliatannya hanya ada 1kabel. tapi sebenarnya di dalemnya ada 2 line kabel tembanga dengan susunan persis seperti kabel koaxial antena (1kabel inti (+) ; di kelilingi kabel serabut halus (-)). untuk menyambung kabel intinya mungkin mudah, karena masih agak besar tapi ingat, kabel inti ini di lapisi oleh lapisan email. jadi harus di kerok dlu/di amplas. disambung pake kabel tembaga listrik biasa.. tapi ambil 1helai tembaganya saja. nymbungnya cukup di iket kabelnya 1 dengan yang lainnya + di solatip.
untuk yang serabut, kabel ini tidak dilapisi email. jadinya tinggal ditempel juga udah konek. cara nyambungnya gini bro :
bakar kabel sisi yang akan disambung dan sisi satunya lagi. kalo bisa sih bakarnya jangan berdekatan sama kabel inti yang barusan di sambung. nah, kalo udah dibakar kan jadi kliatan tembaganya tuhh (ada 2 kabel yang mirip kabel koaxial antena), trus di bersihin bekas bakarannya pake bensin sampe mengkilat lagi trus dibersihin pake tisu, trus ambil kabel listrik yang tadi buat nyambung kabel inti, ambil 1helai aja trus diiketin ke bekas bakarannya tadi trus di solatip. lakukan pada sisi satunya.
ingat : jangan sampe kabel (+) dan (-) bersentuhan, kalo bersentuhan, bisa2 malah sound card anda bisa rusak

saya yakin anda pusing dengan jawaban saya, semoga membantu

About primandita

a Man who loves engineering

16 responses »

  1. lichisi says:

    wah ribet apalagi salah rusak lan card ga jadiiii hehehe

  2. budi irawan says:

    ada gak jasa yang bisa benerin nya?

  3. nabila says:

    ok thats great …
    ane berhasil fix my headphone…
    mkaasih atas pnjelasan dan intruksinya..
    nice article mas….🙂

  4. lukman says:

    aku pusing.. gmana cara nyambung jack komputer ke salon, soalnya salonya mau di taro di dapur, sedangkan komputer ada di kamar.. ini giman gan. ane udah beli kabel 10 meter buat nyambung.. klo gagal kabel 10 meter ane mubajir gan.. tolong meeee..

    • primandita says:

      Bisa Gan, beliin jack yg sesuai aja sama salon dan komputernya, terus dipasang d kabel, habis itu colok ke komputer, terus satunya colok k salon aktif, insyaAllah jadi…

  5. rider says:

    mohon pencerahan.. headset bb pas di ujung telingan yg segaris dgn mic putus. lha pgn tau cara benerinnya…. di dalam ada tiga kabel.. mau nyambung nya kemana aja ya.. ada merah kuning biru…. bisa jawab ke. (rideronly86@gmail.com)

  6. bahgas says:

    Kabel + warna apa..?? Yg – warna apah..??

    • bahgas says:

      Mau nyambung kabel headset ke speaker hp sony ericson ada 2 kutub.. Sedangkan kabel headset.a ada 3 warna..yang disamhung yg mana yah..??

  7. rendi says:

    wah jawaban bos gk jelas. Tp berkat otak saya yg rada2 sedang maka intinya saya dapat mengertilah.

  8. amin says:

    gan gimana cara nya agar satu komputer bisa memakek headset lebih dari datu.

  9. Waw… ane hanya perlu 1 point dan point tersebut menurut ane paling vital.. yakni DIBAKAR, soalnya kabelnya kecil banget…hehehe… kenapa gak kepikiran dari kemarenn… akhirnya sukses gan….thank gan….

    ditunggu kunjungan baliknya gan di http://anditaan3.blogspot.com

  10. nofan says:

    gan gmana cara nyambung hansed hp mito yg putus?
    coz aku coba sambung sm kyak listrik gagal gan. mohon penjelasanya

  11. tindika says:

    Mas kalo headset disambung ke hp bisa ga

  12. atoy says:

    min jelasin dong cara menyambung kabel headset ke musik box biar nanti kallo nyetel lagu lewat handphone mohon penjelasannya

Leave a Reply

