Menurut saya hal paling berat dari mempunyai kendaraan bermotor adalah perawatanya. Apalagi kalo udah berumur. ganti ini, ganti itu, ini udah diganti, eh yang itu baru ketehuan rusak, yang tadinya gak perlu diganti jadi diganti. Agak sebel sih kalo denger kata diganti, tapi mau gimana lagi???? ditambah bengkel sekarang bisanya cuma mengganti dan men-setting, jarang yang bisa benerin sesuatu yang emang udah rusak. (ya gak??) Tapi emang ada banyak PARTs di motorcycle yang emang punya umur dan emang harus diganti kalo udah AUS. Itu juga kalo Mas/ Mba/ Bapak/ Ibu/ Sdr/i gak mau nuntun motor di jalan gara2 masalah yang kadang tak terduga. Nah, salah satu hal yang dapat kita lakukan agar dapat memperlama umur PARTs yang ada di motorcycle  kita adalah dengan “safely riding” dan dengan perawatan pada PARTS tersebut.

CHAIN atau RANTAI adalah PART dari motor yang butuh perawatan, cara merawatnya dengan memberikan pelumas. Meskipun rantai sangatlah kuat, tapi jika tak dirawat maka dapat putus di tengah jalan. karena ketika rantai kering, maka gesekan per bagian rantai akan besar, akibatnya rantai akan menjadi panas dan entah bagaimana ceritanya kadang terputus. pelumas rantai yang baik adalah yang ada tulisannya chain lube (ya iyalah…), tapi mirisnya cukup mahal, khususnya untuk mahasiswa seperti saya. Tapi untungnya ada alternatif lain, dan saya pilih SINGER OIL. oli ini banyak digunakan buat melumasi mesin jahit, harganya cukup murah (Rp 4000,-an) dan isinya banyak, dari pada pake chain lube yang semprot, isinya cuma dikit, banyak anginnya doank, Mahal lagi (pernah pake sekali, hhee). Tadinya saya pakai oli mesin bekas atau Vaslim buat melumasi rantai, tapi kalo kata bengkel itu bakal bikin rantai kotor karena debu-debunya bakalan nempel semua dirantai akibatnya umur rantai jadi gak tahan lama. SEKIAN

About primandita

a Man who loves engineering

9 responses »

  1. POKROKU Sukses Makmur says:

    Oh, keren juga, tapi bagaimana dengan keamanannya.. apakah dijamin gak bikin rantai karatan… dan yang penting gak muncrat-muncrat kayak pake oli?

    • primandita says:

      Selama ini sih punya saya gak karatan bang, saya pakainya 2minggu sekali, tiap mata rantai 1 tetes kanan dan kiri, Asal pakenya gak berlebihan gak muncrat2 kok bang,,,

      • POKROKU Sukses Makmur says:

        Saya coba pakai, tampaknya oke juga nih..

        Setiap abis steam motor di minyakin singer, oke juga…

        Jadi rajin steam motor, daripada beli chain lube yang mahal dan isinya dikit, mending duitnya buat steam motor deh biar kinclong terus.. Tips oke banget nih..

      • primandita says:

        Sipp b^^d
        tapi perhatiin kata bro andre (brader yang komen di bawah ini) barang kali menimpa kendaraan bro ikhsan, kalo ane sih udah lama banget pake oli ini, alhamdulillah gak ada masalah…

  2. andre says:

    Singer oil memang murah om, tapi perlu diwaspadai kalau itu lama kelamaan bisa merusak o-ring seal rantai juga, selain singer juga lengket dan gak tahan air.
    Menurut saya tetap lebih baik pakai chain lube yang o-ring safe.
    Saya dulu juga pernah pakai Singer soalnya hehe
    But anyway it comes with the price, right? Alias harga gak bisa boong, dan tinggal kita mau pilih dan cocok yang mana.
    Demikian menurut saya.

  3. Bim ajah says:

    waah ternyata ada jg pemakai SNGER OIL untuk di kendaraan roda dua ^^ gpp mas/mba jgn terpengaruh dgn omongan negatif soal pemakaiannya, saya udh 3 tahun lebih alhamdulilah tdk ada masalah yg berarti (jgn sampe.. amit amit >.< ) dengan rantai motor saya.

    Saya malahan tidak percaya dengan botol2 chain lube yg sering di jual di toko2 aksesoris motor di pinggir jalan dan dibengkel2. Sepertinya para pembuatnya hanya "meniru" dari suatu produk yg sudah duluan keluar untuk real chain lube ini, seperti Co contact cleaner atau wd40 for chain.

    Chain lube yg asli emg mahal berkisar diatas 50rb-an dan itu jarang di jual bebas di toko2 kendaraan roda dua, terakhir saya melihat produk di store2 sperti ace hardware dsb.

    yg beredar di toko2 pinggir jalan saya kira itu seperti produk palsu, minyak yg palsu dan hanya dibanyak-an gas semprot saja, bayangkan tidak sampe 2 minggu sudah habis isi dari kaleng semprotnya!

    Ada harga ada rupa emg, tp harga yg tinggi emg lebih tidak menipu. dan alternatif lainnya ya gunakan SINGER OIL😀 murah dan dari tahun sebelum saya lahir emg sudah ada tuh oli hihihi. Karakter rantai di mesin jahit dan motor sama aja kok ga ada bedanya, jgn terpengaruh dengan seal o-ring kena dan blablabla lainnya, sama intinya, cm beda ketahanan panasnya aja. dan inget satu hal, oli ya dimana2 berlawanan arah dengan air, air dan minyak tidak akan pernah bersatu hehe, so.. jgn terpengaruh produk palsu. salam

  4. ilo says:

    Sip banget singer oli…pakai minyak goreng juga bagus..aku uda coba keduanya

Leave a Reply

