Berkat liburan ke pulau Bali, kamera digital (Gaul: CamDig) Panasonic LUMIX F3 punya bokap jatuh di gapura yang menuju Tanah LOT akibat dari handshaking yang tidak sempurna antara saya dan teman saya saat saya minta tolong untuk difotokan. Kamera pun jatuh tepat mengenai bagian lensa yang bisa maju mundur melotot ke depan. Wal hasil bagian itu melingsep ke balakang dengan posisi miring sehingga gak bisa bergerak sama sekali.

Setelah sampai di Purwokerto dengan sedikit kemampuan seorang calon sarjana teknik (elektro) dan modal nekat (tanpa pengalaman) akhirnya kamera digital itu saya bongkar dengan tanpa rasa ragu sedikitpun. Setelah chasing belakang dibuka kemudian melepas LCD, setelah itu baru kelihatan bagian elektronik dan bagian optik. selang beberapa lama setelah melepas LCD saya tersengat listrik (sekitar 4kali) yang lumayan mengejutkan. Saya pun heran, padahal batere sudah dilepas dan tak ada catu daya lainnya. darimana sertum sebesar itu berasal???? (Dan ternyata sodara-sodara) setelah saya teliti dengan cukup hati-hati, ternyata sumbernya dari Elektrolit KAPASITOR untuk lampu blitz yang tersembunyi dibalik rangkaian elektronik (tak terlihat sebelumnya) yang gedenya se-jari kelingkingku dan tertulis angka  300V. kemudian langsung saya jinakkan KAPASITOR tersebut dengan resistor 1k ohm dengan cara menghubungkan kedua kakinya. Setelah kapasitor kosong, saya lanjut membongkar bagian lensa dan membenahinya separti posisi semula dan setelah itu dirakit kembali.

dan ternyata,, taaarraaaaa,,,, bagian lensa udah bisa maju mundur, tapi belum bisa motret dan sensor auto- focusnya bunyinya aneh,, dan prediksi saya bagian sensor itu rusak, dan saya pun bingung dimana cari tuh barang..??? Ujung-ujungnya saya bawa juga ke bengkel kamera di Purwokerto. Namanya DINAMIKA KAMERA, di daerah Berkoh depan Bank Surya Yudha ada warung jus samping kanannya ada gang masuk sampe mentok, disitu tempatnya. ganti sensor auto-fokus Rp.200.000,- maaf gak sempet take picture ( kan kameranya lagi rusak^^v ).

SEKIAN (kejadian sekitar Juni 2011)

About primandita

a Man who loves engineering

4 responses »

  1. bonar says:

    makanya mendhing langsung ke bengkel…… tuh temen di kasih brapa kan nambah biaya

    • primandita says:

      iya emang paling aman ke bengkel….
      suku cadang lengkap
      teknisi handal
      dll

      bukan apa2 bang, soalnya ane kuliah di teknik elektro jadinya sedikit ngerti ama yg begonoan. dan buktinya prediksi ane tepat, yang rusak sensor auto fokusnya…. kalo ane tau tempat yang jualan sensor itu sih ane beli sendiri n ganti sendiri, sayangnya tidak tahhu dan sedikit panik….

  2. fadli says:

    bukannya langsung mending ke bengkel tapi coba dulu sebisanya.

Leave a Reply

