Ducati terus mencoba meningkatkan daya saingnya. Untuk balapan di MotoGP Belanda akhir pekan ini, Valentino Rossi akan dibekali sasis dan girboks baru yang sebelumnya diperuntukkan untuk musim 2012.

Motor terbaru The Doctor diberi nama GP11.1 oleh Ducati. Dikutip dari Autosport, motor anyar tersebut juga mengadopsi teknologi sistem transmisi yang kini dimiliki Honda dan telah membuat pabrikan Jepang itu cukup mendominasi musim 2011.

“Kami memutuskan untuk memproduksi GP11.1, yang masih bermesin 800cc pada sasis GP12, untuk mempercepat pengembangan motor musim depan. Dan juga demi memberikan para pembalap kami motor yang lebih punya potensi dalam persaingan di musim ini,” ujar kepala teknisi tim Ducati, Filippo Preziosi.

Meski menggunakan sasis baru, Rossi diyakini tak akan kesulitan melakukan adaptasi di Assen. Soalnya dia sudah sempat melakukan ujicoba dengan sasis motor 2012, meski yang dia tunggangi ketika itu adalah mesin 1000 cc. Sesuai aturan pembalap memang diperbolehkan melalukan serangkaian ujicoba terbatas pada motor 1000 cc yang akan mulai digunakan musim depan.

Rossi sejauh ini baru sekali merasakan finis di atas podium bersama Ducati. Meski kondisi tubuh pasca cedera juga jadi salah satu kendala, secara kesuluruhan Ducati dianggap kalah bersaing dengan Honda dan juga Yamaha.

“Mempertimbangkan Rossi belum pernah menunggangi GP11.1, keputusan ini membutuhkan beberapa balapan sebelum tim bisa mengambil keuntungan dari potensi yang dimiliki. Tapi kami memutuskan untuk melangkah maju karena kami merasa itu merupakan langkah penting untuk pengembangan kami.”

“Girboks generasi berikutnya, di sisi lain, adalah sebuah solusi yang kami pikir akan bisa cepat memberikan kemajuan. Departemen Ducati Corse akan terus mempelajari inovasi terbaru, baik untuk tahun 2012 dan juga tahun ini,” tuntas Preziosi.

Cuma The Doctor yang akan dapat sasis baru di Assen akhir pekan ini. Sementara Nicky Hayden harus menunggu hingga balapan di Laguna Seca untuk bisa dapat tunggangan yang sama seperti rekannya itu. Namun sambil meunggu itu, Ducati mengaku telah melakukan upgrade pada motor yang akan dipakai Hayden akhir pekan ini.

Sumber: detiksport.com

About primandita

a Man who loves engineering

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s