Sebenernya udah lama pengen nulis ini, apa daya kemaren otak diperas untuk kepentingan masa depan :-D
bicara tentang root, Apa itu Root? Fungsi root Android adalah untuk memberikan akses penuh ke file sistem Android, jika pada Windows, root hampir sama seperti fungsi administrator.
Pengembang sistem operasi Android sengaja membatasi akses ke sistem file Android agar pengguna tidak “merusak” sistem, misalnya akibat tidak sengaja menghapus file penting yang berguna untuk menjalankan sistem operasi secara keseluruhan atau akibat aplikasi pihak ketiga.
Nahh, untuk nge-root smartphone Polytron PW1100s saya menggunakan software “SUPER ONE CLICK 2.3.3″. Lohh, kok pake 2.3.3 sih?? kan PW1100s udah android 2.3.6. jawabnya saya tidak tahu, hehehe.
soalnya setelah browsing2 ternyata SUPER ONE CLICK 2.3.3 ini banyak bekerja di beberapa android 2.3.6.
lalu saya coba dan alhamdulillah berhasil rooted.

Peringatan! Root handphone Android pada dasarnya cukup aman untuk dilakukan, namun proses ini dikatakan dapat menghanguskan garansi dan karena satu atau lain hal, kesalahan bisa saja terjadi pada saat proses root yang menyebabkan handphone brick atau mati total, walau hal ini sangat jarang terjadi.
Saya tidak bertanggung jawab atas segala resiko atau kerusakan yang mungkin terjadi akibat poses root yang Anda lakukan.

Catatan: Bila ponsel menjadi rusak setelah dilakukan root, sebenarnya kemungkinan besar bukan diakibatkan proses root itu sendiri, namun akibat dari ponsel tersebut yang sebelumnya bermasalah.
Oleh karena itu, jika Anda baru membeli ponsel Android, disarankan jangan langsung di root, gunakanlah beberapa saat terlebih dahulu untuk memastikan handphone Anda berada dalam kondisi prima tanpa kerusakan.

Oke, lanjut ke proses root-nya kira2 begini :
Persiapan:

  1. Unduh aplikasi SuperOneClick. Anda dapat mendownloadnya di 4shared.
  2. Bila Komputer Anda menggunakan sistem operasi Windows XP, maka pada komputer Anda harus sudah terinstall Microsoft .NET Framework v2.0+ terlebih dahulu. Jika Anda adalah pengguna Windows Vista atau Windows 7, maka hal ini tidak perlu dilakukan (sudah terinstall).
  3. Sebaiknya baterai handphone dalam kondisi terisi 70% keatas
  4. LEPASKAN SD card atau memory card terlebih dahulu.

Catatan: Proses root tidak akan menghapus data-data pada telepon, namun kami sarankan untuk memback up data-data yang penting terlebih dahulu.

Langkah-langkah root smartphone Polytron PW1100s:

  1. Anda harus mengatur ponsel Android ke mode Debugging dengan cara masuk ke Settings (Pengaturan) > Applications (Aplikasi) > Development (Pengembangan) > centang USB debugging (Men-debug USB)
  2. Hubungkan handphone Android Anda ke computer menggunakan kabel USB. Tunggu hingga handphone Anda terdeteksi di komputer dan pada bagian notification panel ponsel muncul indikator USB debugging mode aktif (ditandai dengan gambar tanda seru di dalam segitiga)
  3. Ekstrak file SuperOneClick.zip menggunakan WinZip, WinRAR, 7-Zip, atau IZArc.
  4. Jalankan aplikasi SuperOneClick.exe. Bila Anda adalah pengguna Windows 7 atau Vista, jalankan program dengan cara klik kanan mouse, lalu pilih “Run as administrator”

Cara Root Android Menggunakan SuperOneClick

  1. Klik Root
  2. Tunggu hingga proses selesai (hanya memakan waktu beberapa menit)
  3. Jika muncul notifikasi “Root files have been installed! Would you run a test?” Silahkan di klik Yes
    Proses telah selesai :) Silahkan restart HP Android Anda.
    Untuk mengembalikan ke kondisi awal, Anda cukup mengklik Unroot. Jika ini dilakukan + factory reset, otomatis garansi HP Anda berlaku kembali :)
Indikasi bahwa proses Rooting sudah berhasil adalah Anda akan menemukan aplikasi baru bernama Superuser. Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi Superuser, coba restart HP terlebih dahulu. Aplikasi ini berguna untuk mengontrol aplikasi yang membutuhkan akses root.
Dengan aplikasi ini anda dapat “mengijinkan” atau “tidak mengijinkan” aplikasi lainnya untuk mendapat hak masuk ke sistem Android. Setiap ada aplikasi yang meminta akses root akan di informasikan oleh Superuser, untuk mengijinkan Anda harus mengklik “Allow”.
saya sendiri udah mencoba dan berhasil :)
About these ads

About primandita

a Man who loves engineering

7 responses »

  1. […] CARA MASUK RECOVERY MODE POLYTRON PW1100S Bingung karena gak ada forum yang membahas tentang hp baru ini maka tangan jahilku coba mencet2 tombol yang ada, ternyat cukup mudah untuk masuk RECOVERY MODE PW1100s yaitu dengan menekan tombol volume up(+) & Volume down(-) & tombol power secara bersamaan. kemudaian nanti ada pilihan: -volume up : recovery mode -volume down : factory reset tentunya pilih yang atas donk…. selanjutnya saya mau coba iseng2 nge-ROOT this fvcking android phone. ini karena kantor tempat saya bekerja menggunakan proxy, jadi perlu jadi root agar semua aplikasi yang membutuhkan internet dapat dijalankan dan mendapat asupan internet dari proxy. sampai jumpa di tulisan selanjutnya… BACA JUGA..!!! CARA ROOT POLYTRON PW1100S […]

  2. mufaqi says:

    gan, kok ane pas ditengah langsung not responding terus ya gan?

  3. iman says:

    gan en ko ga berhasil2 ya ya pke superoneklik, pke unlockroot yg ada d kaskus jg ga berhasil …

  4. abie says:

    gan,, minta bantu cara root polytron w1350 donk

  5. gunawan says:

    saya sudah coba pakai superonclick tapi ko pas di tengah jalan not responding terus,
    mohon penjelasannya. thanks

  6. Naufal says:

    Gan knp ya,saat sya klik root malah ga responding???????

  7. amir says:

    knp gak ada respon apa-apa… wahh ngibul nih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s